Dalil dan Hujjah Susunan Bacaan Qur’an dalam Tahlil
(Tahlilan)
Bacaan Qur’an Surat al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-Falaq, dan
an-Nas dalam Tahlil (Tahlilan)
Surat al-Fatihah, al-Ikhlas dan al-Mu’awwidzatain bersumber
dari fatwa Imam Ahmad:
( وَتُسْتَحَبُّ قِرَاءَةٌ بِمَقْبَرَةٍ
) قَالَ الْمَرُّوذِيُّ : سَمِعْتُ أَحْمَدَ يَقُولُ : إذَا دَخَلْتُمْ الْمَقَابِرَ
فَاقْرَءُوا بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ ، وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
، وَاجْعَلُوا ثَوَابَ ذَلِكَ إلَى أَهْلِ الْمَقَابِرِ ؛ فَإِنَّهُ يَصِلُ إلَيْهِمْ
، وَكَانَتْ هَكَذَا عَادَةُ الْأَنْصَارِ فِي التَّرَدُّدِ إلَى مَوْتَاهُمْ ؛ يَقْرَءُونَ
الْقُرْآنَ (مطالب أولي النهى في شرح غاية المنتهى – ج 5 / ص 9)
“Dianjurkan baca al-Quran di Kubur. Ahmad berkata: ”Jika
masuk kubur bacalah Fatihah, al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Nas, hadiahkan untuk
ahli kubur, maka akan sampai. Inilah kebiasaan sahabat Anshor yang bolak-balik
kepada orang yang meninggal untuk membaca al-Quran” (Mathalib Uli an-Nuha 5/9).
Bacaan Qur’an Permulaan dan Akhir dalam Tahlil (Tahlilan)
Awal dan Akhir al-Baqarah
bersumber dari hadits hasan:
عَبْدُ
الرَّحْمَنِ بْنُ الْعَلاَءِ بْنِ اللَّجْلاَجِ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ لِي أَبِي
يَا بَنِيَّ إِذَا أَنَا مُتُّ فَأَلْحِدْنِي فَإِذَا وَضَعْتَنِي فِي لَحْدِي فَقُلْ
بِسْمِ اللهِ وَعَلَى مِلَّةِ رَسُولِ اللهِ ثُمَّ سِنَّ عَلَيَّ الثَّرَى سِنًّا ثُمَّ
اقْرَأْ عِنْدَ رَأْسِي بِفَاتِحَةِ الْبَقَرَةِ وَخَاتِمَتِهَا فَإِنِّي سَمِعْتُ
رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ ذَلِكَ (رواه الطبراني في
الكبير رقم 15833)
“Dari Abdurrahman bin ‘Ala’ dari bapaknya, bahwa: Bapakku
berkata kepadaku: Wahai anak-anakku Jika aku mati, maka buatkan liang lahat
untukku. Setelah engkau masukkan aku ke liang lahat, bacalah: Dengan nama Allah
dan atas agama Rasulullah. Kemudian ratakanlah tanah kubur perlahan, lalu
bacalah di dekat kepalaku permulaan dan penutup surat al-Baqarah. Sebab aku
mendengar Rasulullah bersabda demikian” (HR al-Thabrani No 15833).
Al-Hafidz al-Haitsami berkata:
وَرِجَالُهُ
مُوَثَّقُوْنَ (مجمع الزوائد ومنبع الفوائد للحافظ الهيثمي 3 / 66)
“Perawinya dinilai sebagai orang-orang terpercaya” (Majma’
al-Zawaid III/66).
Bacaan Qur’an Surat Yasin dalam Tahlil (Tahlilan)
Surat Yasin bersumber dari Ijtihad sebagian ulama:
وَقَالَ
الْقُرْطُبِي فِي حَدِيْثِ إقْرَؤُوْا عَلَى مَوْتَاكُمْ يس هَذَا يَحْتَمِلُ أَنْ
تَكُوْنَ هَذِهِ الْقِرَاءَةُ عِنْدَ الْمَيِّتِ فِي حَالِ مَوْتِهِ وَيَحْتَمِلُ أَنْ
تَكُوْنَ عِنْدَ قَبْرِهِ قُلْتُ وَبِاْلأَوَّلِ قَالَ الْجُمْهُوْرُ كَمَا تَقَدَّمَ
فِي أَوَّلِ الْكِتَابِ وَبِالثَّانِي قَالَ إبْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ الْمَقْدِسِي
فِي الْجُزْءِ الَّذِي تَقَدَّمَتِ اْلإِشَارَةُ إِلَيْهِ (شرح الصدور للحافظ السيوطي
1-304)
“al-Qurthubi berkata mengenai hadis: ‘Bacalah Yasin di dekat
orang-orang yang meninggal’ bahwa Hadis ini bisa jadi dibacakan di dekat orang
yang akan meninggal dan bisa jadi yang dimaksud adalah membacanya di kuburnya.
Saya (al-Suyuthi) berkata: Pendapat pertama disampaikan oleh mayoritas ulama.
Pendapat kedua oleh Ibnu Abdil Wahid al-Maqdisi dalam salah satu kitabnya”
(Syarh al-Shudur I/304).
Oleh: Ustadz Muhammad Ma’ruf Khozin, PCNU Surabaya.
0 komentar:
Posting Komentar